Kamis, 23 Oktober 2014

Setelah Syukuran Rakyat, Relawan Jokowi Akan Gelar Budaya Rakyat

Masih dalam rangkaian acara Syukuran Rakyat Salam 3 Jari, relawan Jokowi akan menggelar kembali pesta rakyat dengan tema budaya. Acara bertajuk Gelar Budaya Rakyat itu akan diselenggarakan pada 1-2 November 2014 di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Jual kain batik betawi

"Iya masih (rangkaian acara Syukuran Rakyat). Kalau ini (1-2 November) lebih menekankan kepada budaya," kata Sekretaris Umum Gelar Budaya Rakyat, Eddhi Wahyudhi, kepada Kompas.comdi Jakarta, Kamis (23/10/2014). 

Eddhi mengatakan, pagelaran ini berbeda dengan Konser Salam 3 Jari di kawasan Monas Senin (20/10/2014) lalu karena saat itu adalah aksi para relawan. Pada perhelatan awal November ini, kata dia, relawan Jokowi mempersembahkan pesta budaya dengan persembahan rakyat untuk pemimpin baru. 

Budaya ini, ungkap dia, bukan hanya untuk Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Jusuf Kalla, tetapi untuk pemerintah seperti MPR, DPR, DPD, DPRD, dan pemerintahan lain di Indonesia. Ia mengungkapkan, pada tanggal 1 November malam, Gelar Budaya Rakyat akan menampilkan festival wayang. 

Wayang ini berasal dari tiga aksen di Indonesia, yakni Wayang Betawi, Wayang Jawa, dan Wayang Sunda. Nantinya, tambah dia, pertunjukan akan menggabungkan wayang orang dan wayang kulit dalam model tiga dimensi. "Sekarang baru tiga, begitu ada yang mau, misal Bali, kita persilakan," ucapnya. 

Pada tanggal 2 November, kata dia, akan diadakan parade budaya yang berangkat dari Monas. Ia pun belum mengungkapkan rute parade budaya itu karena masih akan ada pertemuan dengan panitia yang terlibat. 

Meski begitu, ia meyakini acara itu akan terlaksana dengan meriah. Menurut Eddhi, acara yang dimulai saat car free dayberlangsung itu diagendakan mulai pukul 07.30 WIB. Nantinya, sebagai garis finis parade, peserta akan memasuki kawasan Monas. 

Di Monas pun akan dibangun tiga panggung yang mengangkat budaya musik. Campur sari, panggung Betawi, dan panggung band disebut-sebut akan menjadi puncak kemeriahan acara itu. Rencananya, Gelar Budaya juga akan menyertakan sinden dari empat negara, yakni Amerika, Hongaria, Jepang, dan Indonesia. 

"Ada 15 provinsi mau datang. Pesertanya sudah terdaftar ribuan, tapi masih akan ada tambahan peserta lain," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar